Sabtu, 11 Februari 2017

CARA MENGAMANKAN FILE PENTING DIFLASHDISK DENGAN PASSWORD

CARA MENGAMANKAN FILE PENTING DIFLASHDISK DENGAN PASSWORD

Banyak diantara anda yang mempunyai flashdisk. Ya, si kecil satu ini memang jadi tempat andalan untuk mengirim, menerima dan menyimpan data yang bisa dibawa kemana saja. Tak heran, jika sebagian dari anda menyimpan data-data penting di dalamnya. Nah, karena sifatnya yang portable ini, flashdisk dengan cepat berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Alhasil, data penting anda disana bisa saja diintip atau dipakai untuk kepentingan mereka yang membawanya.
Pasti anda gak mau kan data-data anda disana diambil tanpa sepengetahuanmu? Kali ini saya bakal memberi tips buat anda untuk proteksi flashdisk kesayanganmu, yaitu dengan password. Tentunya, hanya anda yang bisa membuka dan mengakses data-data di flashdisk. Ingin tahu caranya? Simak terus sampai ke bawah, ya?
1. Buka flashdisk, dan tambahkan folder baru dengan nama sesuai keinginanmu. Pindah data-data di flashdisk ke folder baru yang telah anda buat. Dalam tutorial ini, saya buat Folder dengan nama Kocak.
2.png
2. Jika sudah, buka Command Prompt. Ketik drive letter flashdisk anda lalu tekan enter. Selanjutnya, ketik attrib Test +s +h . Ganti Test sesuai nama folder anda.
3.png
3. Buka notepad, dan ketikkan perintah seperti gambar di bawah. Pada baris kedua (set pass), ganti password sesuai keinginan. Dan baris terakhir (start), isi dengan nama folder yang telah dibuat.
4.png
4. Simpan di flashdisk dengan tipe file .bat. Coba buka file tersebut. Berhasil?. Kini data anda bisa terlindungi dengan file tersebut.
Eits, belum selesai sampai disitu. Bagaimana jika sesorang tahu password anda dengan cara klik kanan > Edit? Ya, itu permasalahan yang harus dituntaskan. Oke, lanjut?
5. Download aplikasi konverter dari .bat ke .exe. Disini, saya menggunakan aplikasi bernama Advaced Bat to Exe Converter yang bisa anda download disini. Atau anda juga punya aplikasi lain untuk mengkonversikannya. Oiya, hati-hati dalam mendownload aplikasi converter tersebut. Karena bisa jadi antivirus di komputer anda bisa mendeteksinya sebagai virus. Jadi, pilih aplikasi yang aman menurut komputer anda, ya?
6. Setelah download, buka aplikasi tersebut dan buka file .bat. Atau anda juga bisa copy code yang ada di notepad.
5.png
7. Pilih compile yang selanjutnya akan diarahkan ke dialog box baru dan pilih Build Exe.
6.png
8. anda akan melihat pada flashdisk anda yang terdapat file .exe. Sekarang, hapus file .bat. Sekarang, password anda tidak bisa diintip lagi, deh!
7.png
Mudah, bukan?. Sekarang data anda telah aman dari tangan-tangan jahil dan mata pengintip. Semoga post kali ini bermanfaat yaa

Bagikan

Jangan lewatkan

CARA MENGAMANKAN FILE PENTING DIFLASHDISK DENGAN PASSWORD
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.